oleh

Panen Raya Bawang Merah di Balai Benih Utama Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kab. Bengkalis

Minggu 03 Desember 2023

Pesisirglobalaktual.com|Bengkalis-pukul 14.20 WIB bertempat di Balai Benih Utama Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kab. Bengkalis Jl. Utama Desa Bantan Tua Kec. Bantan telah dilaks Panen Raya Bawang Merah bersama Pemkab. Bengkalis.

 

Hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Bengkalis Dr. H. Bagus Santoso. MP. Kepala Balai Veteriner Bukit Tinggi Direktorat Jend Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian RI.Gigeh Tri Pambudi. Dandim 0303/Bengkalis diwakili Danramil 01/Bengkalis. Kapten CPL Farimus Hendriko. Kapolres Bengkalis.AKBP Setyo Bimo Anggoro. Kepala Dinas TPHP Kab. Bengkalis. Tarmizi. Sp.M. Si. Plt. Kadis Ketahanan Pangan Kab. Bengkalis, Susy Hartati, SP, M.Si. Tenaga Ahli Bupati Bengkalis, Suparjo dan Mustafa Kamal. Kepala Bulog Bengkalis, Budi. Camat Bantan Kab. Bengkali.Rafli Kurniawan, SIP., M.Si. dan tamu Undangan ± 100 Orang.

Rangkaian kegiatan Pembukaan.Do,a. Laporan Kadis Tanaman Pangan. Sambutan Kepala Balai Veteriner Bukit Tinggi Direktorat Jend Pertenakan dan Kesehatan Hewan Kementrian  Pertanian RI. Sambutan Bupati Bengkalis. Penyerahan Sertifikat Rupat Bebas Rabies. Penyerahan Benih Durian lokal. Foto Bersama. Dan, Panen Bawang Merah Bersama sama.

 

Inti Sambutan Kepala Balai Veteriner Bukit Tinggi Direktorat Jend Pertenakan dan Kesehatan Hewan Kementrian  Pertanian RI. Ucapan Salam, dan Terimakasih saya ucapkan kpd Pemkab Bengkalis yg telah melaks Tanam bawang merah utk kebutuhan masyarakat.

 

Apresiasi yg tinggi saya Ucapkan kpd Dinas Tanaman Pangan Kab. Bengkalis yg telah ber-sungguh² menanam bawang merah dan usaha pengembanganya. Menurut daftar Rabies di Bengkalis cukup tinggi maka nanti kita akan melakukan kerjasama dgn cina utk menangani rabies. Hal ini dilaksana untuk mengatasi penyakit rabies di Bengkalis. Mari kita mulai lakukan pencegahan rabies dgn cara membunuh anjing (Hewan Berdarah Panas).

 

Sambutan Bupati Bengkalis. Dan Apresiasi kami berikan pada Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kab. Bengkalis, atas kreatifitas dan inovasinya yg telah mencoba mengembangkan tanaman bawang merah dgn sistem demonstrasi plot di BBU taman sari Kec. Bantan ini. Alhamdulillah, sebagai mana kita saksikan, yg awalnya hanya mencoba, ternyata berhasil dan  dapat memberikan hasil yg maksimal.

 

Memang tidak dapat kita pungkiri, banyak tantangan yg perlu kita atasi utk mengembangkan komoditas bawang merah ini, seperti kondisi drainase yg belum memadai, air yg mudah meresap ke dalam tanah, dan tekstur tanah yg mayoritas gambut.

 

Namun demikian, justru berkat tantangan tsb, kita bisa berinovasi menemukan peluang besar di lahan gambut, karena terbukti, bahwa pengembangan tanaman bawang merah, dapat kita kembangkan dan kita lakukan didaerah ini, tentunya dgn memanfaatkan teknologi yg ada, karena dgn teknologi dan inovasi, kita bisa merubah strategi di bidang pertanian.

 

Apresiasi juga kami berikan atas upaya dan kerjasama yg telah dilakukan oleh DTPHP Kab. Bengkalis, LPPM UIN Suska, DPTPH Prov. Riau melalui UPT Perbenihan dan sertifikat benih Tanaman Pangan dan Hortikultura serta bimbingan dari pusat perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian RI sehingga Bengkalis memiliki produk unggulan lokal durian yg terdaftar dan diakui sbg milik Kab. Bengkalis.

Semoga ke depanya akan memberikan nilai tambah yg positif bagi petani durian khususnya dan masyarakat Bengkalis umumnya karena durian merupakan salah satu komoditas Hortikultura unggulan Kab. Bengkalis.

Pukul 15.30 WIB giat selesai situasi aman dan kondusif.

 

Editor   : Redaksi 3K3.co.id Group/pesisirglobalaktual.com

 

Sumber : Pen-Dim 0303-Koramil 01/Bengkalis

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed