oleh

Danramil 01/Bengkalis Kapten Cpl Farimus Hendriko Mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-105 Pemadam Kebakaran Kabupaten

Pesisorglobalaktual.com|BENGKALIS- Dandim 0303/Bengkalis Letkol Arh Irvan Nurdin, SE.,MM diwakili Danramil 01/Bengkalis Kapten Cpl Farimus Hendriko mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-105 Pemadam Kebakaran Kabupten Bengkalis bertempat di Halaman Kantor Bupati Bengkalis Jalan A. Yani Kel. Bengkalis Kec. Bengkalis Kab. Bengkalis, Senin 04 Maret 2024 pukul 07.30 WIb.

Hadir Dalam Upacara Dandim 0303/ Bengkalis diwakili Danramil 01/Bengkalis Kapten Cpl Farimus Hendriko, Bupati Bengkalis diwakili Sekda Dr. Ersan Toha, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, SH, S.IK, MH. Diwakili AKP Andri, Kalaksa BPBD Bengkalis Sufandi, Danposal Bengkalis Letda Laut Nur Johan, Kepala Damkar Alfahrurazi, Kadis Kominfo Suwarto, Para Asisten Setda Kab. Bengkalis, Kadis Ismail, Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional Dilingkungan Pemkab Bengkalis, Personil Damkar, Korsik Satpol PP, Para ASN Dilingkungan Pemkab Bengkalis, Para Honor Daerah Dilingkungan Pemkab Bengkalis.

Amanat Mentri Dalam Negeri,

Pada kesempatan yang baik ini, izinkan kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan yang telah menunjukkan profesionalitasnya dalam melaksanakan tugas dan senantiasa mengedepankan visi utama pemadam kebakaran dunia yakni to prevent fires, safe lives and properties. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan terus meningkatkan layanan pencegahan, penanggulangan kebakaran dan penyelamatan yang terintegrasi serta dilakukan secara handal dan profesional.

Dalam memberikan layanan kepada masyarakat, profesionalisme pemadam kebakaran dan penyelamatan merupakan sebuah keharusan untuk terus dirawat dan ditingkatkan, sehingga masyarakat bisa senantiasa merasa aman serta terlindungi. semangat itulah yang ingin diwujudkan dalam tema peringatan hari ulang tahun pemadam kebakaran dan penyelamatan tahun 2024 ini yaitu “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi”.

Dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang, kita melihat bahwa kehadiran pemadam kebakaran dan penyelamatan di tengah masyarakat menghadirkan rasa aman, serta sebagai perwujudan bahwa negara hadir bagi warga masyarakat pada saat kondisi darurat baik kebakaran maupun non kebakaran.

Berdasarkan laporan nasional pemadam kebakaran dan penyelamatan tahun 2023, pemadam kebakaran dan penyelamatan telah berkontribusi dalam menangani sejumlah 13.485 kejadian kebakaran di sepanjang tahun 2023. Dengan penyebab kebakaran yang cukup beragam, terbanyak diantaranya dikarenakan kelalaian manusia sejumlah 6.542 (47%) kejadian, hubungan arus pendek listrik sejumlah 2.213 kejadian (15%), sebab tabung gas sejumlah 763 kejadian (5%) dan berbagai sebab lainnya sejumlah 3.967 (33%).

selain penanganan terhadap kejadian kebakaran, pemadam kebakaran dan penyelamatan telah melakukan berbagai operasi penyelamatan non kebakaran (rescue) dimana sepanjang tahun 2023 telah dilakukan sebanyak 24.741 operasi penyelamatan dengan operasi penyelamatan terbanyak adalah animal rescue sejumlah 16.292 kejadian (65%), penanganan dan pelepasan cincin di jari sejumlah 1.911 kejadian (7%) dan penanganan pohon tumbang 931 kejadian (3%) dan berbagai operasi penyelamatan non kebakaran lainnya sejumlah 5.607 kejadian (25%).

Semakin meningkatnya jumlah penyelamatan non kebakaran pada tahun 2023 menunjukkan bahwa selain layanan kebakaran, pemadam kebakaran sering kali bertugas untuk menangani berbagai jenis kecelakaan dan kedaruratan lainnya.

Kementerian Dalam Negeri sebagai instansi pembina umum dan teknis penyelenggaraan sub urusan kebakaran di daerah terus berkomitmen untuk meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan di daerah. oleh karena itu, kementerian dalam negeri bersama dengan kementerian/lembaga terkait telah menginisiasi pembentukan jabatan fungsional pemadam kebakaran sebagaimana telah tertuang dalam peraturan menteri Pan dan RB nomor 16 tahun 2019 tentang jabatan fungsional pemadam kebakaran (ditetapkan tanggal 2 september 2019) dan juga jabatan fungsional analis kebakaran sesuai peraturan menteri Pan dan RB nomor 17 tahun 2019 tentang jabatan fungsional analis kebakaran (ditetapkan tanggal 2 september 2019). dalam implementasinya, sampai dengan tahun 2023 total aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan di seluruh indonesia adalah sebanyak 21.656 dengan komposisi 7.189 asn dan 14.467 non ADN, hal ini menunjukkan bahwa mayoritas aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan diisi oleh pegawai non asn atau sebanyak 66,8%.

berkaitan dengan kondisi aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan di daerah.

Secara resmi informasi bahwa jabatan fungsional pemadam kebakaran dan analis kebakaran telah terakomodir untuk dapat diisi oleh pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. ini menjadi pintu masuk yang sangat baik dan langkah solutif dalam implementasi kebijakan nasional sebagaimana tertuang dalam peraturan pemerintah nomor 49 tahun 2018 tentang manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (ditetapkan 22 november 2018) serta keputusan menteri pan dan rb nomor 1197 tahun 2021 tentang jabatan fungsional yang dapat diisi oleh pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. dimana sampai dengan tahun 2023, telah terdata sebanyak 2.763 jabatan fungsional pemadam kebakaran dan 264 jabatan fungsional analis kebakaran yang terdiri dari PNS dan PPPK.

Kami juga memahami bahwa menjadi petugas pemadam kebakaran merupakan profesi yang mulia, namun juga memiliki risiko tinggi. oleh karenanya dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 15 tahun 2023 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2024 (ditetapkan 25 september 2023) telah terakomodir pemenuhan tunjangan risiko tinggi dan bpjs ketenagakerjaan bagi aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan di daerah, dan saya minta kepada para kepala daerah agar dapat memberikan perhatian terhadap hal ini.

Pukul 08.30 WIB kegiatan selesai dalam keadaan aman dan kondusif.

Editor :  Tim redaksi 3K3.co.id group/pesisirglobalaktual.com

Sumber :  PenDim 0303/Bkls- Koramil 01/Bengkalis

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed