oleh

Penanaman Pohon Mangrove Wujud Penangkal Abrasi Di Pesisir Pulau Terluar Indonesia

Pesisirglobalaktual.com|Bengkalis-Danramil 01/Bengkalis Kapten Cpl F Hendriko Pukul 14.00 Wib. melaksanakan kegiatan Sinergitas Pemcam Bantan, Koramil 01/Bengkalis, Polsek Bantan, dan Pemdes Muntai dalam rangka Penanaman pohon mangrove sebagai wujud penangkal abrasi di pesisir pulau terluar Indonesia diKuala Laut Desa Muntai Kec. Bantan Kab. Bengkalis.  Selasa (26/12/2023)

Di Hadiri, Camat Bantan diwakili Kasi Trantib, Danramil 01/Bengkalis, Kapolsek Bantan, Kades Muntai, Danpos Ramil Bantan, Babinsa Desa Muntai, Bhabinkamtibmas Desa Muntai, Dan Pos AL, Dinas Navigasi Muntai, Warga Desa Muntai.

Rangkaian Kegiatan  diawali dengan pembukaan Oleh MC, Doa, Sambutan Camat Bantan diwakili Kasi Trantib, Sambutan Kapolsek Bantan, Sambutan Danramil 01/Bengkalis.

Penanaman mangrove bertujuan untuk melindungi pesisir pantai dari abrasi dan mengembalikan habitat hutan mangrove yang ada di tanah air. Pemdes Muntai menghimbau agar proses pelestarian tidak dilakukan hanya sebatas awal fase penanaman semata, tetapi dilanjutkan dengan perawatan demi hasil yang maksimal.

 

Mangrove berfungsi untuk melindungi garis pantai Hutan. mangrove juga berfungsi sebagai penghalang alami terhadap badai dan banjir, melindungi garis pantai dari erosi dan membantu mengurangi dampak bencana alam.

Ekosistem mangrove yang sehat berfungsi sebagai pencegahan abrasi, menahan badai, menyaring pencemar kasar, tempat hidup serta pemijahan biota laut sehingga mampu menyediakan sumber makanan bagi beberapa spesies yang ada. Hal tersebut menunjukkan manfaat ekologis mangrove bagi masyarakat pesisir Indonesia.

 

Jenis mangrove yg ditanam, Perpat, Api api dan Ditanam sebanyak (-+) 4000 Batang. Selama Kegiatan  berjalan  keadaan aman dan tertib.

 

Demikian informasi yang di terima Tim Jurnalis hari ini. (3K3-03)

Sumber : Koramil 01/Bengkalis

Editor    : Redaksi 3K3.co.id Group/Pesisirglobalaktual.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed