oleh

Semarak 3 Tahun Kepemimpinan Bupati Dan Wakil Bupati Bengkalis 2021 – 2024 (Kasmarni dan BagusSantoso)

Pesisirglobalaktual.com |BENGKALIS – Bertempat di Lapangan Tugu Jl. Ahmad Yani Kec. Bengkalis Kab. Bengkalis telah dilaksanakan *Paripurna Rakyat Semarak 3 Tahun Kepemimpinan Bupati Dan Wakil Bupati Bengkalis 2021 – 2024 (Kasmarni dan Bapak BagusSantoso 26 Februari 2021 – 26 Februari 2024)

Hadir dalam kegiatan Bupati Bengkalis *Kasmarni, S.Sos.MMP, Wakil Pimpinan DPRD kab. Bengkalis, Sofyan, S.Pd.I, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Arh Irvan Nurdin, S.E., M.M, Kapolres Bengkalis A.K.B.P Setyo Bimo Anggoro, S.H., S.I.K., M.H, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis diwakili Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Bengkalis, Herdianto.SH, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Rahmatullah Ramadan. D. S.H.I, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Bayu Soho Rahardjo, S.H, Danposal POS Bengkalis, Letda Laut (E) Nur Johan, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis , Zakaria, Wakil Bupati Bengkalis Dr. H. Bagus Santoso. M.P, Sekretaris Bengkalis , Dr. Ersan Syaputra.TH, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kab. Bengkalis, Andris Wasono, AP, M.Si, Kasat pol PP kab. Bengkalis Hengki Irawan, S.H, Kepala OPD Kab Bengkalis, Ketua LAMR Bengkalis Datuk Sri H. Sopyan Said, Ketua KPU Kab. Bengkalis, Elmiawati Safarina, Ketua TP PKK kab. Bengkalis Hj. Siti Aisyah, Para peserta dan masyrakat ± 900 Orang.

Sambutan bupati Bengkalis,

Dalam kurun tiga tahun kepemimpinan kami berdua, beberapa capaian kinerja telah kami lakukan dan kita raih, baik di bidang pemerintahan, pembangunan dan juga kemasyarakatan, sebagai wujud komitmen janji politik kami kepada masyarakat, yang tentunya harus kami tepati dan kami penuhi. makanya, melalui kegiatan paripurna rakyat malam ini,

Adapun capaian kinerja yang telah kami lakukan selama tiga tahun ini, secara garis besarnya dapat kami sampaikan sebagai berikut:

1) Bidang infrastruktur.

Sejak tahun 2021 sampai dengan tahun 2023, kami telah membangun jalan kabupaten sepanjang 41,263 meter, pengaman pantai dalam mengatasi abrasi sepanjang 7.735 meter. jalan lingkungan sepanjang 87,698 meter. kami juga telah membangun rumah layak huni sebanyak 317 unit, rehabilitas rumah tidak layak huni sebanyak 1.437 unit. peningkatan rumah ibadah sebanyak 484 unit. pembangunan dan rehabilitasi poskesdes sebanyak 33 unit serta puskesmas dan pustu sebanyak 47 unit.

2. Pada program unggulan daerah bantuan keuangan satu milyar satu desa, satu kelurahan dan satu kecamatan.

Alhamdulillah, berkat program keuangan bermasa tersebut, saat ini kita kabupaten bengkalis telah memiliki 97 desa mandiri dan 39 desa maju, dan tidak ada lagi desa tertinggal maupun desa sangat tertinggal. kita juga saat ini memiliki 108 bumdesa maju. dan dari dana bermasa tersebut juga sampai saat ini telah terbangun jalan desa sepanjang 117.339,19 meter, terbangunnya jembatan, box culvert, dwiker dan gorong-gorong sebanyak 340 unit, terbangunnya parit beton dan normalisasi tali air sepanjang 103.567 meter. rehabilitasi rumah masyarakat miskin sebanyak 1.876 unit, pembangunan sumur bor sebanyak 121 unit, pembangunan mck 20 unit, dan kita juga telah menugaskan 101 orang penyuluh agama islam yang tersebar diseluruh desa dan kelurahan, serta berbagai kegiatan lainnya.

3) Program unggulan beasiswa khusus dan berprestasi.

Selama tiga tahun ini, kami juga telah memberikan bantuan beasiswa khusus dan berprestasi bagi putra-putri kabupaten bengkalis. dimana dari bagian kesra kita telah menggelontorkan lebih kurang 14 milyar lebih beasiswa khusus tahfiz qur’an dan juga bea siswa prestasi. sedangkan dari dinas pendidikan, kita juga telah memberikan bantuan beasiswa khusus seperti anak komunitas adat terpencil dan sebagainya kepada 4.974 orang anak. dan kita juga telah memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada 384 guru.

4) Program unggulan akses jaminan sosial dan kesehatan total kepada masyarakat.

selama tiga tahun ini, kami sangat serius memperhatikan sektor kesehatan dan jaminan sosial kepada masyarakat. dimana sampai tahun 2023 ini, kami telah memberikan jaminan sosial dan kesehatan kepada 654.741 jiwa masyarakat kabupaten bengkalis. kami juga telah membantu 24.000 orang pekerja rentan yang ada di daerah ini guna mendapatkan stimulus jaminan sosial ketenagakerjaan, dan pemberian stimulus bpjs ketenagakerjaan 100% bagi non asn. dan insyallah pada tahun 2024 ini, kami akan mengalokasikan anggaran untuk jaminan sosial ketenagakerjaan kepada 10.000 (sepuluh ribu) orang pekerja ekosistem sawit didaerah ini. dan yang lebih membanggakan lagi, saat ini kita sedang membangun rumah sakit pratama di pulau rupat, yang saat ini masih dalam tahap finishing serta pembangunan perumahan bagi dokter dan perawat, sebagai wujud kepedulian kami terhadap kesehatan masyarakat yang berada di pulau terluar indonesia itu.

5) Program unggulan pelayanan sistem kependudukan berbasis online.

Terhadap program tersebut, kami telah melakukan pelayanan kependudukan berupa perekaman ktp kepada 454.966 orang. menerbitkan 113.176 kartu identitas anak, menerbitkan 215.509 akte kelahiran dan menerbitkan 136 buah akta perkawinan lewat sidang isbat.

6) Program unggulan stimulus ekonomi dan peningkatan lapangan pekerjaan.

Untuk program stimulus ekonomi, sampai saat ini kami telah memberikan bantuan pangan non tunai (bpnt) kepada 15.633 kpm, serta bantuan sembako kepada 2.321 orang. sedangkan untuk peningkatan lapangan kerja, kami juga telah membuat perda tenaga kerja lokal dan telah melaksanakan dua kali kegiatan “bursa kerja atau job fair” yang melibatkan lebih kurang 40 dunia usaha, serta membuka 1.841 lapangan pekerjaan untuk tenaga kerja lokal termasuk penyandang disabilitas. selain itu, kami juga telah melaksanakan kegiatan pelatihan berdasarkan unit kompetensi baik secara mandiri maupun kerjasama dengan beberapa perusahaan yang ada didaerah ini, dalam meningkatkan kompetensi calon pencari kerja lokal kita.

Terkait beberapa program nasional yang juga menjadi kewajiban kita didaerah, salah satunya adalah program prevalensi stunting. alhamdulillah kita telah mampu menurunkan angka stunting dari sebelumnya sebesar 21,9% ditahun 2021, menjadi 8,4% pada akhir tahun 2022, dan kita menjadi daerah terendah prevalensi stunting di provinsi riau. sementara itu terkait penanganan inflasi, kami telah berupaya melakukan pasar murah bersubsidi sebanyak 253.500 paket diseluruh kecamatan.

Dibalik keberhasilan dan capaian kinerja kami selama ini, tentunya masih ada beberapa persoalan yang masih harus kita selesaikan secara cepat, tuntas, dan cerdas kedepannya. untuk itu kami ingin kita dapat terus bersama guna melanjutkan pembangunan didaerah ini, terutama dalam menuntaskan program dan kegiatan yang belum tuntas 100%.

Pukul 22.30 WIB Kegiatan semarak 3 tahun selesai, situasi aman dan kondusif.

Editor :  Tim redaksi 3K3.co.id group/pesisirglobalaktual.com

Sumber :  PenDim 0303/BKLS – Koramil 01/Bengkalis

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed