oleh

AKSI BERBAGI DARI KOMUNITAS MOTOR “BENGKALIS BEGHASAP” DI BULAN RAMADHAN

Pesisirglobalaktual.com: Bengkalis- Beghasap menggelar kegiatan berbagi kepada korban bencana kebakaran rumah dan keluarga kurang mampu di Bengkalis pada hari jumat, tanggal 5 April 2024, pukul 17:00 WIB

“Bengkalis Beghasap Berbagi”, demikian aksi sosial ini mereka namakan. Aksi sosial ini tak lain adalah sebagai komitmen mereka untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dengan membawa berkah bagi penerima bantuan. Selain itu juga menjadi sarana silaturahmi bagi sesama pecinta motor bermesin 2 TAK.

Martharezza Dwi Gatra, atau anak muda yang kerap dipanggil dengan sapaan Kojon, memimpin langsung kegiatan hari ini. Yang dipercaya untuk menggantikan posisi ketua komunitas yaitu Saudara Yusuf , yang berhalangan hadir pada hari ini dikarenakan urusan mendadak.

Ada dua penerima bantuan sosial dari Bengkalis Beghasap, yakni pertama Mbah Saniah yang merupakan keluarga kurang mampu di Desa Tegal Sari. Mbah Saniah hidup bersama anak perempuannya di rumah yang Ia bangun di atas tanah milik orang lain, yaitu pengusaha yang meminjamkan tanahnya kepada keluarga Mbah Saniah.

Dijelaskannya, jika musim hujan tiba, rumah kayu ini selalu tergenang oleh air banjir. Tak heran, sebab rumah yang dihuninya ini berada di kawasan lembah dan rendah Dan andai suatu saat si pemilik tanah mengambil kembali tanahnya, maka bisa dipastikan Mbah Saniah tidak akan memiliki tempat tinggal lagi, dan harus mencari tumpangan tanah kosong lainnya.

Lalu beralih ke Parit Bangkong, kunjungan terhadap bapak Junaidi yang merupakan korban bencana rumah kebakaran beberapa hari yang lalu. Dialog yang dilakukan oleh kawan-kawan Bengkalis Beghasap dan bapak Junaidi tak berlangsung lama, sebab Bapak Junaidi tak sanggup untuk berucap dan menahan air matanya yang jatuh. “Rumah ini belum lama saya renovasi, lalu terbakar begitu saja”, ucap Junaidi sambil mengusap air mata. Sungguh kepiluan sangat terlihat dari diri beliau.

Bantuan yang disalurkan merupakan sembako dan uang tunai. Yang mana pendanaan tersebut murni hasil dari urunan ataupun patungan dari anggota komunitas.

Bengkalis Beghasap, yang diketuai oleh saudara Yusuf, merupakan komunitas motor di Pulau Bengkalis yang sudah berjalan tiga tahun dengan berbagai kegiatan positif seperti berbagi kepada pihak yang membutuhkan. Dianggotai oleh anak-anak muda Bengkalis yang mempunyai rasa peduli dan sosial yang tinggi.

“Pada bulan puasa seperti ini, kita harus lebih jeli dan teliti melihat mana orang yang betul-betul membutuhkan, dan mana yang tidak. Tujuannya adalah supaya bantuan ini tepat sasaran dan tidak tersampaikan kepada tangan yang salah”, tutur Martharezza.

Tak lama kemudian setelah memberikan bantuan, Bengkalis Beghasap lakukan “riding” bersama keliling seputaran kota Bengkalis. Lalu ditutup dengan berbuka bersama kawan-kawan komunitas.

“Harapannya, semoga kegiatan positif seperti ini akan berlanjut dan tidak berhenti di sini saja. Semoga pihak-pihak lain yang membutuhkan juga dapat diringankan bebannya”, ucap ketua Yusuf melalui via WhatsApp pada sela-sela sembang santap buka puasa tadi.

Penulis  :**Alfi

Redaksi : Pesisirglobalaktual.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed