oleh

PESONA KEMERIAHAN PAWAI TAKBIR DI DUSUN PENAWAR LAUT

Pesisirglobalaktual.com: Bengkalis – Dusun Penawar Laut sukses menggelar lomba pawai takbir Idul Adha se-Desa Selatbaru pada 17 Juni 2024

Menjadi tuan rumah untuk pertama kali, tak membuat Dusun Penawar Laut terkesan seperti pemula. Pagelaran lomba pawai takbir Idul Adha berlangsung khidmat dan meriah.

Tampak di bangku tamu ditempati oleh Camat Bantan, aparat kepolisian dari polsek Bantan, Babinsa, kepala Desa, Kepala Dusun beserta perangkat Desa dan tokoh adat lainnya, sekaligus memberi kata sambutan dan meresmikan acara pawai takbir Idul Adha 1445H di Dusun Penawar Laut, sebagaimana acara-acara formal pawai takbir pada umumnya. Lalu pelepasan kafilah pawai takbir dengan ditandainya pengibaran bendera start, mulai dari urutan pertama hingga terakhir.

Lomba pawai takbir ini diikuti oleh 7 utusan, sesuai dengan jumlah mesjid yang ada di Desa Selatbaru. Yang mana 1 utusan mesjid membawa rata-rata 300 orang peserta untuk ikut meramaikan pawai takbir ini. Kerlap-kerlip miniatur mesjid, ka’bah, sampai replika hewan kurban menjadi sorotan bagi penonton yang sejak awal terlihat antusias. Miniatur dan replika dibentuk sedemikian apik hingga menyerupai bentuk aslinya. Lalu diaplikasikan di atas gerobak kayu, dan dijalankan dengan cara didorong oleh 4 sampai 5 orang dewasa.

Pada kesempatan ini tuan rumah mesjid Babussalam menampilkan miniatur mesjid Babussalam, miniatur Masjidil Haram, Replika hewan unta, atraksi kompang takbir, dan barisan para kafilah.

Sahut-sahutan takbir pun terdengar jelas, menunjukkan semangat para peserta lomba pawai takbir ini sangat menyala. Mulai dari peserta anak-anak santri, remaja putra putri, pemuda pemudi, hingga bapak-bapak dan ibu-ibu.

Setelah berjalan kaki kurang lebih 10 km, para kafilah beserta gerobak hias kembali ke halaman mesjid Babussalam Dusun Penawar Laut, yakni tempat yang dijadikan lokasi acara pawai takbir pada kali ini Dan acara dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba serta pembagian hadiah, yang mana mesjid Babussalam Dusun Penawar Laut sendiri mampu menyabet juara 2 untuk yang ke sekian kali, disalip oleh utusan mesjid Besar Arraudhah yang keluar sebagai juara pertama sekaligus menerima piala bergilir.

Semua pihak mengaku cukup senang dengan adanya acara ini, bahkan seorang rekan mengatakan, “kalau hanya karena berharap pada hadiah, tak akan seramai ini umat yang ikut serta”, ucapnya. Yang bilamana kalimat itu kita telaah lagi, mereka yang tumpah ruah mengikuti pawai takbir ini, adalah bukan semata-mata karena nominal hadiah, tak lain sebab kobaran semangat menyambut Idul Adha dan dengan niat tulus meramaikan kampung mereka.

Apresiasi diberikan kepada pemerintah Desa Selatbaru yang telah konsisten menggelar acara serupa setiap tahunnya sejak beberapa tahun belakangan. Semoga spirit ini tetap terjaga dan menjadi agenda wisata tahunan bagi Desa Selatbaru ke depannya.

 

Editor: Alfi. N

Redaksi: PesisirGlobalAktual.comĀ 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed