oleh

DPC PUJAKESUMA KEC. BANTAN RAMAIKAN PAWAI KARNAVAL BUDAYA HUT BENGKALIS KE-512

Pesisirglobalaktual.com: Bengkalis- Paguyuban Jawa menjadi peserta dengan jumlah terbanyak pada event Karnaval Budaya sempena hari jadi Bengkalis ke-512.DPC Pujakesuma Kec. Bantan turut serta meramaikan pawai Karnaval Budaya kali ini. Hal ini menjadi moment pertama kali Pujakesuma Kecamatan Bantan ikut sebagai peserta setelah mendapatkan SK pada satu bulan yang lalu. Hadir di tengah-tengah kemeriahan ini yaitu Bapak Suyitno, Dodi Irawan, Tubin, Alfi dan kolega, selaku dewan pengurus Pujakesuma Kec. Bantan.

Dengan jumlah peserta kurang lebih 500 orang, maka tak heran Paguyuban Jawa di Bengkalis menjadi peserta terbanyak di Karnaval Budaya hari ini, Senin 29 Juli 2024. Mengungguli paguyuban dari suku lainnya yang ada di Bengkalis. Hal ini diapresiasi langsung oleh Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro pada sela-sela istirahat setelah pawai. Dari panggung Lapangan Tugu Bengkalis beliau turun langsung dan menyamperi sekumpulan grup Paguyuban Jawa ini, lalu mengajak berswafoto bersama. “Mantap, peserta Jawanya rame, tahun depan harus lebih meriah lagi”, ucapnya.

Peserta paguyuban Jawa pada event Karnaval Budaya kali ini terdiri dari beberapa grup dalam satu barisan, yaitu; Reog Ponorogo Bengkalis2. Kuda Lumping Turonggo Sekar Budoyo Bengkalis, Kesenian Rontek Jawa Bengkalis, Pemuda & Pemudi suku Jawa Bengkalis, Ketua beserta jajaran DPC Pujakesuma Kec. Bantan.

Kekompakan dan solidaritas suku Jawa sangat terlihat di sini, terbukti dari anak-anak hingga orang tua paruh baya ikut andil berpartisipasi, tak pandang usia maupun gender. Selaras dengan slogan Pujakesuma yang berbunyi “Rukun, Raket, Regeng, Rumekso“, yang artinya tentram, akrab, hangat dan saling menjaga. Dan “Sepi Ing Pamrih, Rame Ing Gawe“, yang artinya saling bantu dengan tulus ikhlas tanpa berharap imbalan.

Adalah suatu kebanggan tentunya bagi masyarakat Jawa di Bengkalis khususnya, nilai-nilai luhur budi pekerti dan solidaritas khas kejawaan masih tetap terjaga. Sehingga diharapkan hal ini menjadi sorotan bagi Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk melakukan upaya-upaya pembinaan serta kerjasama terhadap perkumpulan Paguyuban Jawa agar budaya ini tetap harum dan lestari.

“Dan harapannya semoga hadirnya kami Pujakesuma ini dapat menjadi wadah pemersatu Seni dan budaya Jawa, serta mampu melakukan gebrakan inovasi kolaborasi antara Pujakesuma dan grup kesenian yang ada di Bengkalis”, ungkap ketua.

 

Editor    : A.N
Redaksi : PesisirGlobalAktual.com

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed